Tuesday, October 27, 2009

Percayalah, Prosesor 100 Core akan segera hadir...

dotexe.wordpress.com – Belum luas rasanya pengguna PC mencoba dan menggunakan teknologi Dual Core atau bahkan Quad Core Processor dari Intel ataupun AMD, kini sebuah perusahaan bernama Tilera sudah memulai riset untuk membangun Processor dengan 100 Core. Hamm, luar biasa…

SAN JOSE, KOMPAS.com – Intel dan AMD bakal berhadapan dengan pesaing baru dalam bisnis prosesor. Tidak main-main, sang pesaing, Tilera yang bermarkas di San Jose, California, AS ini akan merilis prosesor sampai 100 core, bukan dual core, triple core, atau quadcore.

Prosesor keluarga TILE-Gx ini terdiri dari empat jenis yakni prosesor dengan 16 core, 36 core, 64 core, dan 100 core. Prosesor-prosesor ini diklaim paling bertenaga saat ini di antara prosesor multicore di PC karena secara umum kinerja sebuah prosesor berbanding lurus dengan jumlah core-nya.

Tilera juga mengklaim TILE-Gx memiliki nilai kinerja per watt hingga sepuluh kali lipat kemampuan chip Intel generasi mendatang Westmere. Desain prosesor Tilera dikembangkan berdasarkan teknologi Multicore Development Environment berbasis interkoneksi Imesh dua dimensi yang meniadakan kebutuhan on-chip bus dan teknologi Dynamic Distributed Cache System yang memungkinkan setiap cache lokal di setiap core dapat dibagi dengan seluruh core.

Meski dirancang Tilera, TILE-Gx dibuat dengan teknologi proses 40 nanometer TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturign Company). Prosesor ini bekerja pada 1.5 GHz dengan konsumsi daya antara 10-55 watt. Harganya sendiri masih belum diumumkan dan prosesor ini direncanakan rilis kuartal keempat 2010.



No comments:

Post a Comment